Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Selasa, 20 Desember 2011

Polda Lampung Beri Sanksi Polisi Penembak Petani Mesuji

 











BANDARLAMPUNG - Polda Lampung memberikan sanksi terhadap dua polisi yang terbukti melepaskan tembakan kepada petani dalam bentrok di lahan PT Barat Selatan Makmur Investindo (10/11/2011) lalu.

Insiden tersebut menewaskan satu warga dan menyebabkan enam petani luka-luka.

Kedua polisi yang menerima sanksi itu adalah AKP Wetman Hutagaol Kasubbag Dal Ops Polres Tulangbawang dan Aipda Dian Permana. Keduanya terbukti menembakan peluru ke arah korban.

Kedua polisi diberi sanksi penahanan selama 14 hari, dimutasikan ke pelayanan markas (Yanma) Polda Lampung, penundaan kenaikan pangkat selama satu periode, dan penundaan kenaikan gaji selama dua periode.

"Sedangkan kemungkinan diberikan sanksi pidana terhadap keduanya, sedang dilakukan pendalaman apakah keduanya sengaja atau tidak dalam melepaskan tembakan tersebut," kata Kapolda Lampung Brigjen Jodie Rooseto.

Dalam keterangan persnya, dia  mengakui ada penembakan warga oleh aparat dalam bentrokan dengan warga di Desa Sritanjung, Kagungan Dalam, Nipah Kuning Kabupaten Mesuji pada Kamis (10/11/2011),  dan proses tersebut sudah sesuai prosedur.

"Penembakan oleh aparat Kepolisian tersebut sudah sesuai prosedur, karena sebelumnya sudah dilakukan tembakan peringatan oleh jajaran polisi," kata dia.

Menurut dia, tembakan peringatan tersebut awalnya dilakukan dengan jarak yang terkontrol dan tidak berbahaya, namun warga tidak juga mundur meskipun penembakan dilakukan.

Akhirnya, lanjutnya,  polisi terpaksa menembakkan peluru karet dan peluru hampa kearah kerumunan warga tetapi dengan sasaran dibawah pinggang.

"Jika tidak dilakukan penembakan maka warga akan melakukan pengrusakan yang lebih parah, jadi tembakan tersebut bertujuan untuk membubarkan kosentrasi massa yang cenderung berbahaya," kata dia.

Menanggapi adanya korban tewas dan luka tembak akibat penembakan itu, dia mengatakan bahwa kemungkinan korban terkena peluru pantulan karena pihaknya tidak menembak bagian pinggang ke atas.

Meski demikian, kata Kapolda, ketika terdapat warga yang tumbang akibat tembakan, pihak Kepolisian langsung membawa korban tembak tersebut menuju rumah sakit untuk tujuan penyelamatan. 


SUMBER : 
http://news.okezone.com/read/2011/12/20/340/544979/polda-lampung-beri-sanksi-polisi-penembak-petani-mesuji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar