Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Senin, 03 Desember 2012

Pembelajaran Blended Learning




Blended learning

Blended learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis komputer. Kombinasi berbagai media pembelajaran yang berbeda biasanya berasosiasi dengan memasukkan media online pada program pembelajaran, sementara pada saat yang sama tetap memperhatikan perlunya mempertahankan kontak tatap muka dan pendekatan tradisional yang lain untuk mendukung siswa.
Dampak positif dari metode pembelajaran blended learning

·         Pembelajaran dilakukan pada tempat yang berbeda sehingga memudahkan melakukan proses belajar dimana saja, pembelajaran bisa dilakukan di perpustakaan, di rumah atau di jalan. Jadi pembelajaran lebih fleksibel.
·         Pembelajaran mengkombinasikan pembelajaran face to face dengan berbasis komputer sehingga menghasilkan perasaan berkomunitas lebih kuat antar mahasiswa.
·          meningkatkan hubungan komunikasi dan daya tarik berinteraksi antar manusia dalam lingkungan belajar yang beragam.
·         Proses pembelajaran yang lebih menarik karena dilakukan tidak hanya dengan metode tatap muka.

Dampak negatif dari metode pembelajaran blended learning

·   -Koneksi internet yang terganggu dapat menghambat terjadinya proses belajar.
·   -Kurangnya pengetahuan seseorang akan teknologi internet.
·  -Tidak memilki alat yang mendukung dalam metode blended learnig, seperti   computer.


Perbedaan metode pembelajaran blended learning dengan metode e-learning

Metode pembelajaran blende learning dan metode e-learning memiliki persamaan dan perbedaan, yakni: kedua metode ini sama-sama menggunakan media internet hanya saja dalam metode e-learning kita tidak mendapatkan feedback dari pengajar sedangkan blended learning kita mendapatkan feedback dan dapat berdiskusi, tanya jawab dengan pengajar.

Pengalaman saat mengunakan metode pembelajaran blended learning
       
        Saya baru pertama kali mendengar blended learning, ketika di beritahukan kalau saat perkuliahan pendidikan akan menggunakan blended learning saya benar-benar bingung, saya tidak paham dan tidak punya gambaran blended learning itu seperti apa. Setelah mendapatkan info kalau metode pembelajaran blended learning menggunakan gtalk saya juga kebingungan karena tidak pernah menggunakan gtalk.  Namun karena perkuliahan diwajibkan untuk menggunakan gtalk maka dari itu saya mulai mencari tahu bagaimana penggunaan gtalk.
Ketika berlangsungnya perkuliahan, menurut saya perkuliahan semalam menarik ya karena selama ini perkuliahan hanya dilakukan dengan tatap muka di kelas. Dengan blended learning, metode pembelajaran nya menjadi lebih fleksibel, tidak hanya dilakukan pada tempat yang sama. pembelajaran nya bervariasi adanya kombinasi tatap muka dengan berbasis komputer. Jadi selama proses pembelajaran mata kuliah pendidikan saya cukup menikmati nya.
Sumber :
http://11106fris.blogspot.com/2012/05/pembelajaran-blended-learning.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar